Rabu, 19 Desember 2018

Adakah Hubungan Aji Saka dan Hanacaraka?


Gambar Prasasti Bangsa Yavana dalam Aksara Brahmi:

"dhenukākaṭa yavanasa / yasavadhanānaṃ / thabo danaṃ"

ꦝꦺꦤꦸꦏꦴꦏꦠ ꦪꦮꦤꦱ ꦪꦱꦮꦣꦤꦴꦤꦁ ꦡꦧꦺꦴ ꦢꦤꦁ
Artinya:
(Ini) pilar (adalah) karunia Yavana Yasavadhana dari Denukakata



Siapa yang menambahkan nama Aji Saka, Dewata Cengkar, Sembada, Dora dalam HANACARAKA? apakah kalian tidak menggunakan akal? bukankah ilmu hanya untuk orang-orang berakal?

Hanacaraka, Datasawala, Padhajayanya, Magabathanga

Makna Harfiah:
Ada Utusan, Saling Berselisih, Sama Kuatnya, Maka Menjadi Bangkai.

  1. Nama Aji Saka adalah suntikan cerita sejarah, bahwa Aksara Brahmi pertama kali dibawa oleh Bangsa Scytya atau Bangsa Saka dari rumpun Bangsa Yavana.
  2. Dewata Cengkar juga suntikan hikayat jika manusia saling menghancurkan manusia karena kebodohan dan dikuasai oleh perbudakan.
  3. Sembada (Yang Benar) dan Dora (Palsu) juga suntikan hikayat manusia dalam kesehariannya.
  4. ketiganya tidak ada tercantum dalam urutan aksara HANACARAKA namun keseluruhannya bernilai nasehat.

Kenyataannya:
  1. Dalam sejarah yang dipercayai dunia, bahwa Aksara Carakan diturunkan dari Aksara Kawi yang diturunkan dari Aksara Pallawa yang diturunkan dari Aksara Brahmi yang digunakan Bangsa Saka, sejarah dapat berubah jika ada fakta yang lebih kuat dan dapat dibuktikan, dan ini tidak ada hubungan langsung dengan HANACARAKA.
  2. Tanpa aksara bagaimana ilmu pengetahuan dapat tersampaikan kepada masyarakat luas agar tidak tenggelam dalam kebodohan dan perbudakan.
  3. Tanpa surat berharga (Bukti Tertulis) bagaimana anda dapat membedakan mana pemilik yang sah (Sambada) dan mana yang menipu ingin memiliki (Dora).
  4. Lalu apa makna HANACARAKA?
  • secara hikayat: yang nyata dari bait hanacaraka sebenarnya adalah hikayat Sembada dan Dora, begitulah pentingnya aksara (bukti tertulis), Ijazah, Sertifikat, Kitab, Prasasti, Rontal dan sebagainya
  • Secara harfiah: jika keduanya merasa benar tanpa bukti apapun, jikapun ada buktinya sama kuatnya, maka tidak dapat diselesaikan, artinya akan terus berselisih sampai akhir zaman.

Apakah ini bukan kenyataan? Apakah Kita Tidak Berfikir?

0 komentar:

Posting Komentar